Meskipun tak sepopuler beras putih, beras satu ini dikenal memiliki banyak kandungan dan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Untuk itu, tidak mengherankan jika bahan makanan tersebut seringkali dikonsumsi oleh sebagian orang yang ingin menjalankan pola hidup sehat. Bagi anda yang belum mengetahui manfaat dan kandungan yang terdapat di dalam beras hitam, maka anda bisa menyimak berbagai hal disini. Dikutip dari Fokus Jabar, inilah ulasannya.

Apa Itu Beras Berwarna Hitam?

Pixabay.com

Sebagian besar dari anda mungkin menganggap bahwa beras merah merupakan bahan pangan yang cocok untuk diet. Namun, hal itu terjadi sebelum anda mengenal beras berwarna hitam ini. Pasalnya, selain menggunakan beras merah terdapat cara lain yang bisa anda coba untuk meningkatkan kualitas gizi dari diet yang anda jalankan. Untuk itu, anda bisa sesekali mencoba mempertimbangkan untuk berganti ke beras berwarna hitam sebagai pengganti nasi anda.

Bagi anda yang belum  pernah mendengar istilah beras yang berwarna hitam, tentu saja menjadi hal yang wajar. Pasalnya, beras hitam memang salah satu menu makanan yang belum terkenal layaknya jenis beras yang lain. Untuk sejarah beras ini sendiri dimulai dari adat yang berasal dari Cina Kuno. Dulunya, beras jenis ini merupakan sajian eksklusif yang hanya dikonsumsi untuk golongan kaisar dan keluarganya saja.

Sehingga dari sanalah terdapat istilah Beras Terlarang. Pasalnya, jika terdapat rakyat jelata tertangkap basah sedang mengonsumsi nasi hitam tanpa adanya izin, maka nyawa mereka pun bisa menjadi taruhannya. Namun, untuk di jaman sekarang siapa saja sudah beras untuk mengkonsumsi beras jenis satu ini. Ditambah lagi karena memiliki kadar gizi yang cukup tinggi, maka beras ini pun cukup diminati.

Perlu anda ketahui, Indonesia sendiri merupakan salah satu tempat budidaya beras hitam yang terbesar di Asia Tenggara setelah Filipina. Menurut bukti dari medis, beras ini memang telah mendapat klaim akan gizi dan kemampuannya untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Sehingga, beras tersebut dinobatkan sebagai salah satu biji gandum yang paling sehat di dunia.

Mengintip Manfaat Beras Satu Ini Untuk Kesehatan

Dengan segudang kandungan gizi di dalamnya, maka beras ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Pertama, mampu untuk mencegah diabetes. Hal ini dikarenakan beras tersebut mampu untuk mengurangi jumlah gula darah yang terjadi pada penderita hiperglikemia. Sehingga akan mendorong glukosa untuk masuk ke dalam sel dan otot dibanding ke dalam darah.

Tak hanya itu saja, beras ini juga akan mampu untuk meningkatkan sensitivitas akan insulin dan mampu untuk mengontrol kadar gula darah. Sehingga hal tersebut akan membuat anda terhindar dari penyakit diabetes. Sedangkan untuk manfaat yang kedua adalah beras yang memiliki warna hitam ini akan mampu untuk melindungi sel yang ada di dalam tubuh.

Dengan adanya antosianin yakni senyawa antioksidan yang terdapat pada beras hitam akan mampu untuk mengurangi stres oksidatif. Selain itu, senyawa tersebut juga bisa untuk melindungi sel tubuh dari adanya kerusakan yang terjadi akibat radikal bebas. Untuk itu, ketika anda mengonsumsi beras jenis satu ini secara rutin, maka sel sel tubuh pun nantinya akan dapat terlindungi.

Untuk manfaat selanjutnya, ternyata beras ini juga mampu menjaga kesehatan pada jantung. Hal ini dikarenakan jika anda mengkonsumsinya secara rutin, maka akan membantu arteri agar tetap bersih. Tak hanya itu saja, beras ini juga akan membuat aliran darah menjadi lebih lancar. Sehingga, anda pun dapat terhindar dari resiko untuk terkena penyakit jantung dan stroke.

Adanya antosianin dan juga senyawa bergizi lainnya yang terkandung di dalam beras satu ini memang dipercaya mampu untuk menjaga kadar kolesterol maupun trigliserida pada darah yang sehat. Sehingga hal tersebut akan mencegah anda untuk terkena penyakit kardiovaskular yang mengancam jiwa. Untuk itu, anda pun bisa mulai rutin mengonsumsi jenis beras satu ini agar mendapatkan berbagai khasiat yang dimilikinya.

Tak ketinggalan, manfaat beras hitam yang lain adalah mampu menangkal racun di tubuh secara alami. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan tinggi yang dimiliki oleh jenis beras satu ini akan mampu untuk membuat racun yang ada di dalam tubuh. Sehingga, nantinya akan terhindar dari penumpukan racun yang bisa memicu berbagai macam penyakit.

Berbagai Kandungan yang Terdapat di Dalam Beras yang Memiliki Warna Hitam

Pixabay.com

Ada berbagai macam kandungan yang terdapat beras berwarna hitam ini. Dimana untuk kandungan utamanya, beras tersebut memiliki kandungan antioksidan antosianin. Untuk itu, jangan terheran heran apabila beras yang berwarna hitam ini akan berubah menjadi ungu ketika dimasak. Pasalnya, hal tersebut disebabkan adanya kandungan antioksidan antosianin yang tinggi. Untuk kandungan tersebut, akan banyak ditemukan pada bagian kulit luarnya.

Antioksidan antosianin yang ada pada beras ini dipercaya lebih tinggi dibandingkan dengan blueberry. Selain itu, senyawa antioksidan utama yang terkandung di dalam beras tersebut cukup banyak. Mulai dari tokoferol, tokotrienol, asam fenolik, asam fitrat, flavonoid, dan sebagainya. Para pakar menilai, kandungan dari antioksidan antosianin yang terdapat pada beras ini akan membantu untuk mencegah penyakit kanker, jantung dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Selain itu, juga terdapat pula kandungan vitamin B dan Vitamin E yang bisa anda dapatkan pada beras satu ini. Dengan adanya kandungan vitamin E, maka akan membantu untuk meningkatkan sistem imunitas dan juga menangkal radikal bebas. Hal tersebut diperkuat dengan penelitian yang menyebutkan bahwa kandungan vitamin E dalam beras hitam akan mampu untuk mengurangi kadar kolesterol dan mencegah penyakit jantung.

Sedangkan vitamin B yang terdapat pada jenis beras satu ini juga beragam. Diantaranya adalah vitamin B1 atau tiamin, B9 atau yang dikenal dengan asam folat dan vitamin B2 atau riboflavin juga terdapat pada beras satu ini. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin mulai menjalankan hidup sehat, tak ada salahnya untuk mulai beralih menggunakan jenis beras satu ini.

Itulah beberapa hal yang perlu anda tahu mengenai beras yang memiliki warna hitam ini. Anda pun bisa mengubah pola makan anda dengan mulai mengkonsumsi beras yang kaya akan manfaat. Pasalnya ada berbagai kandungan nutrisi dan gizi yang bisa anda dapatkan pada beras ini. Sehingga akan mampu untuk mencegah berbagai macam penyakit dan racun yang ada di dalam tubuh.