Pernahkah kamu mendengar istilah teks eksposisi? Jika masih belum familiar, mungkin kamu sebenarnya pernah menemukan, namun belum mengerti definisinya. Pada dasarnya teks eksposisi merupakan sebuah teks yang berisi mengenai sebuah ajakan terhadap seseorang. Teks eksposisi sendiri ditulis secara singkat, padat, dan dibuat sejelas mungkin sehingga mampu menjawab pertanyaan 5W + 1H.

Teks eksposisi sendiri memiliki struktur yang mirip dengan penulisan opini. Di dalamnya terdapat susunan pendapat, argumen, dan juga penyataan kembali dari opini. Untuk membantu dalam memahami teks eksposisi ini, artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai ciri kebahasaan teks eksposisi.

Mengenal Ciri Kebahasaan Teks Eksposisi

Sebelum mengenal lebih dalam mengenai ciri kebahasaan teks eksposisi, perlu dipahami juga bahwa jenis teks ini sebenarnya sering digunakan ketika berkomunikasi lisan setiap hari. Sebagai contoh, teks ini kerap digunakan ketika terjadi diskusi dalam sebuah forum tertentu ketika terjadi penyamaian argumen beserta dengan reaksinya dalam forum tersebut.

Pengertian Singkat Mengenai Teks Eksposisi

Teks eksposisi pada dasarnya merupakan sebuah karangan yang memiliki beberapa informasi maupun ilmu pengetahun yang dihadirkan dalam format ringkas. Teks eksposisi ini merupakan jenis teks yang berfungsi untuk menyampaikan sebuah gagasan atau ide pokok yang berupa sebuah hasil pemikiran mengenai suatu topik tertentu. Pada dasarnya teks eksposisi memiliki sifat keilmiahan yang tinggi dan buka berupa sebuah karya fiksi.

Dalam teks eksposisi ini juga bisa ditambahkan dengan lampir gambar maupun elemen pendukung lainnya. Meskipun begitu, seringkali ditemukan teks eksposisi yang hanya mengandung uraian singkat terkait sebuah tata cara maupun proses kerja tertentu. Teks eksposisi ini juga memiliki struktur khusus dengan karakteristik tertentu.

Ciri-Ciri Kebahasaan Teks Eksposisi

Seperti yang telah kamu pahami sebelumnya, teks eksposisi ini memiliki ciri struktur kebahasaan yang memiliki karakteristik tersendiri. Ciri-ciri kebahasaan dari teks eksposisi antara lain:

Bersifat Ilmiah (bukan merupakan fiksi)

Ciri-ciri pertama yang dapat kamu pahami adalah bahwa teks eksposisi pada dasarnya bersifat ilmiah. Berbeda dengan karya fiksi, teks eksposisi memiliki struktur yang berdasarkan sebuah kenyataan. Teks eksposisi ini memberikan informasi maupun pengetahuan yang dibantu oleh riset, perkataan seorang yang ahli di bidangnya, data-data, contoh-contoh dan fakta tertentu.

Bersifat Informatif

Teks eksposisi ini nantinya akan memaparkan sebuah informasi tertentu yang dijelaskan dengan baik melalui cara pengembangan gagasan yang sesuai. Harapannya adalah, para pembaca dapat memahami dan mengetahui informasi dengan baik berdasarkan dari penjelasan yang disampaikan sebelumnya.

Sesuai Dengan Fakta

Penggunaan fakta dalam sebuah teks eksposisi memiliki tujuan yang menarik, yaitu agar apa yang disampaikan menjadi lebih valid. Penggunaan fakta sendiri akan membuat para pembaca jauh lebih percaya dengan apa yang dituliskan.

Tidak Berusaha Memberikan Pengaruh

Teks eksposisi tentu berbeda dengan sebuah teks persuasi. Pada teks eksposisi tidak mencoba untuk memberikan atau mengajak para pembaca untuk melakukan suatu upaya tertentu. Teks eksposisi ini nantinya hanya berusaha menjelaskan suatu informasi secara rinci dengan irama yang singkat, padat, dan jelas. Harapannya adalah pembaca akan lebih paham mengenai suatu informasi tertentu setelah membaca teks eksposisi yang disajikan oleh penulis.

Kerap Menggunakan Pronomia

Pronomia merupakan sebuah kata ganti orang. Contohnya adalah kamu atau kita.

Akhir Teks BerupaPenegasan

Karena sifatnya yang berusa memberikan informasi secara detail, tentu pada bagian akhir akan ada sebuah penegasan. Hal tersebut bertujuan agar makna yang disampaikan bisa lebih dimengerti secara gamblang.

Jenis-Jenis Teks Eksposisi

Jenis dari teknis eksposisi cukup beragam. Pengelompokkan tersebut didasarkan kepada bagaiman teks tersebut akan disampaikan kepada pembaca. Jenis-jenis tersebut antara lain:

  • Eksposisi defini, merupakan suatu bentuk paragraf eksposisi yang berusaha memaparkan definisi mengenai suatu topik tertentu.
  • Eksposisi proses. merupakan sebuah rangkaian tata cara mengenai suatu aktivitas dari awal hingga dinyatakan berakhir.
  • Eksposisi ilustrasi, merupakan sebuah bentuk teks yang berusaha menjabarkan informasi maupun penjelasan tertentu menggunakan cara tersendiri yang menggambarkan secara ringkas terkait dengan suatu topik dengan topik lain dan memiliki suatu kesamaan sifat tersendiri yang salin keterkaitan satu sama lain.
  • Eksposisi laporan, yaitu sebuah paragraf eksposisi yang berusaha untuk menyampaikan laporan mengenai kabar berita maupun suatu penelitian tertentu.
  • Eksposisi perbandingan, merupakan sebuah teks eksposisi yang memiliki gagasan utama dengan sajian khusus melalui cara pembandingan tertentu.
  • Eksposisi pertentangan, merupakan jenis teks eksposisi yang memiliki isi mengenai suatu hal yang bertentangan antara suatu hal tertentu dengan hal lainnya yang memiliki persamaan tertentu, tetapi hadir secara berbeda.

Kesimpulan

Secara garis besar, teks eksposisi hadir untuk memberikan sebuah penjelasan mengenai suatu hal yang diteliti. Teks eksposisi bisa dinyatakan valid karena buka sebuah karya fiksi dan memiliki dukungan fakta yang sesuai. Selain itu, teks eksposisi ini juga tidak berusaha untuk mengajak atau membuat seseorang harus sejalan dengan penulis.

Demikianlah artikel singkat, padat, dan jelas mengenai ciri kebahasaan dari teks eksposisi yang dikutip dari https://cimacnoticias.com/. Semoga dengan adanya artikel ini mampu membuat kamu lebih paham mengenai sebuah ciri kebahasaan dari teks eksposisi itu sendiri.