Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang paling mudah ditemui dipasar atau tempat-tempat sayur. Iya pasalnya kangkung merupakan sayuran yang harganya cukup terjangkau, mudah diolah, serta memiliki kandungan gizi yang sangat baik bagi kesehatan. Secara umum kangkung di Indonesia dibedakan menjadi dua jenis yakni kangkung darat dan kangkung air. Kedua jenis tersebut memiliki ciri yang berbeda baik dari segi habitatnya maupun fisiknya. Kedua jenis kangkung dapat dengan mudah dikenal melalui daun kangkung yang masing-masing jenis memiliki ciri tersendiri.

Untuk jenis kangkung darat, memiliki daun yang panjang dengan bagian ujungnya yang berbentuk runcing. Kangkung darat memiliki daun yang berwarna hijau keputih-putihan dengan bunga pada daun yang berwarna putih. Sedangkan untuk kangkung air memiliki daun yang berbentuk panjang dengan ujungnya yang agak tumpul. Untuk warna daun dari kangkung darat yakni hijau kelam dengan warna bunga kekuning-kuningan atau ada juga yang berwarna ungu.

Daun pada kangkung ternyata juga memiliki berbagai kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat dari daun kangkung:

  1. Dapat membantu mencegah kanker

Kangkung mengandung 13 jenis antioksidan yang dapat bermanfaat untuk menghilangkan radikal bebas pada tubuh. Dengan demikian sayuran ini dapat membantu mencegah kanker perut, payudarat, kolorektal, dan juga pada kulit.

  1. Membantu mengurangi kolestrol

Mengkonsumsi kangkung juga merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang memiliki masalah kolestrol. Kangkung juga dapat membantu menurunkan berat badan yang berlebih yang tentunya sangat cocok bagi Anda yang sedang melakukan program diet.

  1. Membantu mengatasi penyakit kuning dan gangguan pada hati

Perlu diketahui bahwa kangkung mengandung antioksidan, enzim detoksifikasi, serta mengeluarkan radikal bebas. Nah hal inilah yang kemudiain menjadikan kangkung sebagai pelindung kerusakan pada hati yang disebabkan oleh bahan-bahan kimia.

  1. Membantu melindungi stres oksidatif

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa mengkonsumsi kangkung dapat membantu mengembangkan resistensi terhadap stres oksidatif yang dipicu oleh masalah diabetes.

  1. Mengatasi anemia

Bagi Anda yang susah tidur, mengkonsumsi daun kangkung merupakan pilihan yang tepat. Hal ini karena kangkung mengandung zat besi yang sangat bermanfaat bagi penderita anemia.