Antibiotik untuk Ibu Menyusui

Uncategorized

Deskripsi

Pemberian antibiotik untuk ibu menyusui harus menggunakan dosis yang tepat. Semua itu dilakukan untuk keselamatan ibu dan si kecil.

Artikel

Antibiotik merupakan salah satu obat yang cukup sering digunakan. Penggunaan antibiotik pada ibu yang sudah menyusui tentu tetap bisa dilakukan. Namun, bagaimanakah penggunaan antibiotik yang tepat pada ibu menyusui?

Penggunaan Antibiotik pada Ibu Menyusui

Pada dasarnya antibiotik bisa diberikan pada ibu menyusui atau bahkan ibu yang sedang mengandung. Akan tetapi, penggunaan antibiotik harus melalui beberapa pertimbangan yang matang. Untuk itu, rekomendasi dokter merupakan hal yang wajib diperhatikan.

Sekilas mengenai penggunaan antibiotik pada bayi dan ibu menyusui

Pemberian antibiotik pada ibu menyusui tidak menjadi masalah. Akan tetapi, semua itu harus dalam dosis yang wajar. Penggunaan antibiotik dalam jumlah yang berlebihan bisa menimbulkan banyak efek samping.

Selain itu, kamu harus memahami bahwa segala macam makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh akan terbawa juga melalui ASI. Tentunya porsinya tidak sebanyak yang di konsumsi oleh si ibu.

Berdasarkan pernyataan tersebut, cukup jelas bahwa penggunaan antibiotik bisa terbawa ke dalam ASI. Untuk itu, kamu sebaiknya mengontrol apa saja yang dikonsumsi oleh si ibu, khususnya terhadap bahan kimia dalam makanan dan obat.

Pemilihan antibiotik yang tepat

Antibiotik sendiri terbagi menjadi banyak jenis dengan dosis yang bervariasi. Untuk itu, ada beberapa pertimbangan sebelum memilih antibiotik yang sesuai.

Beberapa pertimbangan tersebut antara lain:

  • Penyakit yang sedang diderita

  • Usia bayi

  • Kondisi kesehatan bayi

  • Berat bayi

Berdasarkan beberapa pertimbangan tersebut, ada beberapa pilihan yang bisa kamu gunakan. Pilihan tersebut seperti penisilin, sefalosporin, dan flukanazol.

Efek samping yang dirasakan bayi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penggunaan ASI bisa berdampak pada bayi secara langsung karena ASI. Salah satu efek samping yang bisa dirasakan pada bayi adalah permasalahan pencernaan. Untuk itu, pemberiannya harus sangat diperhatikan.

Demikianlah artikel singkat mengenai penggunaan antibiotik pada ibu yang sedang menyusui. Semoga bermanfaat!