Bagaimana Ciri Bayi Anemia Defisiensi Besi

Uncategorized

Memiliki sang buah hati tentunya merupakan suatu hal yang ditunggu-tunggu untu pasangan suami istri. Meiliki sang buah hati tentunya menjadi pengalaman pertama bagi Anda para pasangan muda. Bagi Anda para ibu, tentunya harus menjaga pola makan baik pada saat hamil hingga menyusui selesai. Hal tersebut dikarenakan, apa yang Anda makan pastinya membawa dampak tertentu bagi bayi.

Selain itu, Anda para orang tua harus menjaga lingkungan sekitar agar tetap bersih. Lingkungan yang kotor dapat membawa dampak buruk bagi si kecil, seperti timbulnya penyakit. Hal tersebut dikarenakan sistem kekebalan bayi yang belum sempurna membuat si kecil rentan terhadap penyakit. Terdapat banyak sekali penyakit dan gangguan yang dialami oleh bayi, salah satunya yaitu anemia.

Anemia sendiri merupakan penyakit kekurangan darah. Jenis anemia yang dialami oleh bayi yaitu anemia defisiensi besi. Anda sebagai orang tua harus berhati-hati apabila si kecil mengalami anemia tersebut. Pasalnya, penyakit ini dapat membuat proses pertumbuhan dan perkembangan si kecil menjadi terganggu. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui ciri bayi anemia defisiensi besi.

Namun, sebelum Anda mengetahui ciri bayi anemia defisiensi besi, Anda juga harus mengetahui apa itu anemia defisiensi besi. Anemia defisiensi besi adalah kondisi kurangnya jumlah sel darah merah. Kekurangan sel darah merah tersebut diakibatkan oleh kurangnya asupan zat besi. Padahal di dalam zat besi ini terkandung nutrisi yang penting untuk memproduksi hemoglobin.

Sedangkan hemoglobin ini merupakan protein pewarna merah bagi darah. Selain itu, hemoglobin ini berfungsi membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh. Setelah Anda mengetahui apa itu anemia defisiensi besi, kini saatnya Anda mengetahui ciri bayi anemia defisiensi besi. Ciri-Ciri bayi mengalami anemia defisiensi besi sebagai berikut:

  • Kulit bayi akan terlihat pucat

  • Kulit di sekitar mata terlihat kekuningan

  • Bayi nampak lesu dan tidak bersemangat seperti biasanya

  • Nafsu makan yang menurun

  • Bayi mudah rewel

Nah, apabila bayi Anda mengalami ciri bayi defisiensi besi, segeralah bawa bayi Anda ke dokter. Hal ini dilakukan agar bayi Anda diberikan penanganan yang tepat.