Jalur Pendakian Gunung Pundak Mojokerto di Jawa Timur

Pengetahuan

 

Jawa Timur dikenal memiliki destinasi pegunungan yang menakjubkan, salah satunya yaitu jalur pendakian Gunung Pundak. Berlokasi Kabupaten Mojokerto, lebih tepatnya di dusun Claket, Kecamatan Pacet, Gunung Pundak memiliki ketinggian mencapai 1.547 meter diatas permukaan laut dengan pemandangan puncak yang memesona. Gunung ini sendiri merupakan bahu (pundak) dari Gunung Welirang.

Untuk menjelajahi Gunung Pundak hingga mencapai puncaknya, ada 2 jalur pendakian yang bisa digunakan yaitu jalur via Puthuk Siwur dan Taman Hutan Raya Soerjo atau Tahura. Kedua jalur ini menawarkan pemandangan yang berbeda namun sama-sama istimewa dengan melewati hutan pinus dan trekking yang cukup mudah.

Dari dua jalur pendakian di atas, yang paling sering dilewati oleh para pendaki gunung Pundak adalah jalur via Puthuk Siwur. Hal ini karena trek di jalur ini yang lebih mudah dibandingkan jalur Tahura dengan adanya medan pijakan batu menuju puncak. Namun meski begitu, para pendaki harus tetap berhati-hati.

Untuk sampai di puncak Gunung Pundak, para pendaki biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam. Dimana sesampainya di puncak, panorama alam mengagumkan dan penampakan puncak Gunung Welirang yang gagah dapat disaksikan oleh pendaki.