Jangan Khawatir, Berikut Cara Mengatasi Leukosit Tinggi Pada Bayi Baru Lahir

Uncategorized

Leukosit adalah jenis sel darah yang berperan dalam memerangi zat asing dalam tubuh. Leukosit normal pada manusia berubah mengikuti perkembangan usia, semakin usia bertambah maka kadar sel darah merah juga berkurang. Pada bayi baru lahir biasanya memiliki leukosit sekitar 9.000 hingga 30.000. Namun, pada kondisi tertentu, leukosit pada bayi bisa melonjak. Berikut cara mengatasi leukosit tinggi pada bayi baru lahir.

 

Penyebab Tingginya Leukosit Pada Bayi Yang Baru Lahir

Normalnya, sel darah putih pada bayi yang baru lahir berjumlah sekitar 9 ribu hingga 30 ribu. Tetapi angka tersebut biasanya akan turun pada saat bayi berusia 2 minggu, dimana kadar leukosit akan berkurang jumlahnya hingga mirip dengan angka orang dewasa. Namun, pada beberapa kondisi, kadar sel darah putih pada bayi dapat meningkat sangat tinggi.

 

Tingginya kadar leukosit pada bayi menunjukkan bahwa tubuh si kecil sedang berusaha melawan zat asing yang masuk. Hal tersebut dapat menjadi penanda bagi para orang tua untuk segera mengatasi penyakit pada bayi. Biasanya, dampak yang ditimbulkan dari tingginya kadar sel darah putih adalah demam, infeksi, bahkan bisa sampai kelainan pada sistem kekebalan tubuh.

 

Cara Menurunkan Tingginya Leukosit Pada Bayi Yang Baru Lahir

Jika leukosit tinggi pada bayi baru lahir dikarenakan infeksi bakteri atau jamur, biasanya dokter akan memberikan pengobatan antibiotik untuk menurunkan jumlah leukosit. Pengobatan tersebut pastinya harus sesuai dengan anjuran yang diresepkan oleh dokter. Dalam pengobatan ini, dokter akan memantau penurunan kadar sel darah putih pada bayi. Meskipun begitu, penurunan tersebut pastinya membutuhkan waktu relatif lama.

 

Pengobatan antihistamin diberikan jika meningkatnya kadar leukosit disebabkan karena alergi. Misalnya saja alergi terhadap kandungan susu, alergi makanan, atau alergi lainnya yang terjadi pada anak. Pengobatan dengan menggunakan antiinflamasi akan diberikan dokter, bila penyebab meningkatnya sel darah putih dikarenakan inflamasi atau peradangan. Pengobatan tersebut diberikan sesuai dengan dosis yang telah ditentukan untuk anak.

 

Jika penyebab leukosit tinggi pada bayi baru lahir karena leukemia atau kelainan pada leukosit itu sendiri, maka pengobatan terbaik yang dapat disarankan adalah dengan melakukan kemoterapi, radioterapi atau bahkan dengan transplantasi sumsum tulang.  Pasalnya dengan leukosit yang tinggi, akan bisa menimbulkan keadaan medis yang berbahaya. Sehingga anda perlu menghindari agar tidak menyerang tubuh si kecil.

 

Meningkatnya kadar leukosit pada bayi menunjukkan bahwa tubuh sedang berusaha untuk melawan infeksi yang masuk. Anda perlu melakukan pemeriksaan darah di lab untuk mengetahui hal tersebut. Dalam mengatasinya, anda dapat berkonsultasi pada dokter atau tenaga medis mengenai cara menurunkan leukosit pada bayi. Selain itu, anda juga perlu membiasakan pola hidup sehat dan pemberian makanan bernutrisi agar kekebalan tubuh anak terbentuk dengan baik.