Normal atau Tidak Perut Buncit Pada Bayi 1 Bulan?

Uncategorized

Kehadiran bayi ditengah keluarga menjadi anugerah yang tak terkira. Lantas sebagai bentuk rasa syukur orang tua akan memberikan apa yang dibutuhkan oleh buah hati secara maksimal. Bukan hanya sekedar memenuhi kebutuhan ASI. Melainkan menjaga si kecil dari berbagai ancaman yang membahayakan kesehatannya juga menjadi tanggung jawab orang tua. Bayi sendiri akan mengalami fase tumbuh kembang secara berkala. Fase tersebut yang nantinya membuat anak melakukan adaptasi terhadap lingkungan barunya secara mandiri. Kondisi ini yang kemudian membuat bayi lebih rentan terhadap apapun yang berasal dari luar maupun dalam tubuhnya. Sampai disini orang tua harus memastikan telah memberikan asupan yang mencukup nutrisi yang dibutuhkan. Setidaknya, lewat cara itu anak mampu bertahan saat melakukan adaptasi dengan lingkungan.

Perkembangan anak tidak sekedar tentang perubahan organ tubuh yang semakin kompleks. Keadaan fisik bayi juga menjadi hal penting untuk tetap diperhatikan. Misalnya saja, perut bayi yang bunci diusianya yang baru menginjang 1 bulan. Apakah kejadian semacam ini bisa dianggap wajar? Berbagai sumber menyebutkan bawah kondisi normal perut bayi yang baru lahir memang terlihat sedikit bunci serta melebar kesamping. Meskipun begitu orang tua tetap harus mewaspadai gejala lain yang dirasa kurang wajar. Saat hal itu terjasi Anda waji untuk membawa bayi pada dokter spesialis anak. Sebab, tidak bisa dimungkiri bahwa  sistem tubuh bayi masih sangat rentan dengan berbagai hal asing. Bahkan beberapa ahli sempat menyatakan tentang perut bunci pada bayi bisa dikarenakan pertumbuhan tumor dan gangguan kesehatan serius lain.

Sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi. Anda sebagai orang tua diwajibkan melakukan berbagai usaha untuk memberikan pertolongan pada buah hati. Salah satu cara paling mudah ialah dengan mengonsultasikan kondisi bayi pada dokter. Alternatif ini yang nantinya membawa Anda pada penyebab dasar dari perut buncit pada anak. Setelah itu, lakukan arahan dokter ketika diagnosis menunjukan hasil positif. Selama prosedur tersebut dilaksanakan dengan tepat. Orang tua tidak perlu terlalu khawatir.