Pernah mendengar kicauan pada burung cito? Burung cito ini memang mempunyai beberapa nama lain. Setiap daerah mempunyai julukan yang berbeda untuk burung yang satu ini. Burung cito mempunyai nama lain seperti sirpu, sirtu, cipoh, cipeuw, dan beberapa nama lainnya. Sehingga jika anda menemukan sebuah burung dengan betuk yang sama namun namanya berbeda itu sangat wajar. Di Indonesia sendiri keberadaan burung ini sangat banyak yang tinggal di dalam hutan. Ketika berada di hutan sangat mudah untuk menemukan suara cito ini. Jika sebelumnya pernah mendengar burung cito maka anda akan lebih mudah menemukannya di hutan.

Mengenal berbagai jenis burung tentu tidak akan ada habisnya. Termasuk ketika membahas burung cito ini. Burung cito mempunyai jumlah peminat yang cukup banyak. Burung cito disukai karena mempunyai suara yang unggul. Suara milik burung cito ini sangat merdu dan yang pasti cukup bervariasi. Suaranya pun berbeda dari suara lainnya.

Suara yang dimiliki burung cito jantan dan betina cukup berbeda. Kedua burung ini mempunyai kelebihannya sendiri – sendiri. Biasanya banyak pecinta burung yang lebih menyukai burung cito betina dibandingkan yang burung jantan. Untuk mengenal suaranya anda bisa mengunduh suara burung cito baik yang jantan dan betina. Anda akan menemukan perbedaan diantara suara cito tersebut.

Demi mempunyai suara yang bagus biasanya burung cito akan dilatih. Melatih burung cito akan menghasilkan suara yang lebih merdu. Merawat burung cito sangat mudah sehingga banyak yang tertarik untuk memeliharanya. Setelah mengetahui kelebihan suara yang dimiliki burung cito tentunya anda tertarik untuk memeliharanya bukan? Simak penjelasannya di bawah ini.

unsplash.com

Suara Burung Cito

Ada beberapa hal yang perlu anda tahu dari sebuah burung cito. Burung cito ini mempunyai bentuk sarang yang unik. Bentuk sarang burung cito adalah cawan rapih yang dibuat dari tumbuhan yang halus. Biasanya burung cito akan memanfaatkan dahan dan daun kecil untuk membuat sarang. Sedangkan untuk letak sarang biasanya tidak terlalu tinggi dannhajya beberapa meter saja dari atas tanah.

Seekor burung cito betina bisa menghasilkan telur dari 2 hingga 3 butir. Biasanya masa berkembang biak burung ini terdapat pada musim penghujan ataupun bulan februari hingga november. Burung cito sangat mudah ditemukan di beberapa wilayah yang ada di dunia. Mulai dari beberapa neraga yang ada di Asia Tenggara seperti Kamboja, Tahiland, Myanmar, dan beberapa negara lainnya. Setiap negara tentu mempunyai julukan tersendiri untuk nama burung tersebut.

Merawat burung cito sangat mudah dibandingkan dengan burung lainnya. Ketika melalui musim yang cukup ekstrim burung ini mampu beradaptasi dengan baik. Tipe burung dengan fisik yang kuat mampu membuat burung tersebut mudah bertahan hidup diberbagai kondisi cuaca. Hal itulah yang membuat perawatan dari burung ini mudah.

Lalu jenis makanan apa yang disukai burung cito? Mencarikan makanan untuk burung cito sangat mudah. Beberapa makanan alami yang dimiliki burung cito adalah serangga, biji – bijian, sari patih nektar, dan beberapa makanan lain seperti semut, ulat, cacing tanah, jangkrik, dan lainnya. Makanan – makanan tersebut tentu sangat mudah untuk ditemukan. Berikan pemenuhan makanan dengan baik agar burung bisa tumbuh dengan maksimal.

unsplash.com

Ciri – ciri yang dimiliki burung cito ini adalah mempunyai paruh bagian bawah berwarna hitam. Bulu burung cito berwarna kebiru – biruan yang cukup mencolok. Bentuk kepala burung cito juga agak kotak ditambah paruh yang besar dan cukup lebar. Antara burung cito betina dan jantan mempunyai ciri fisik yang hampir sama. Biasanya orang akan membedakan antara jantan dan betina melalui bentuk fisik dan suaranya.

Burung cito masuk dalam daftar burung kicauan yang mempunyai suara sangat merdu, bahkan sering untuk perlombaan . Burung cito ini walaupun mempunyai suara yang merdu namun harganya sangat terjangkau. Harga burung cito ini dibandrol dengan harga mulai dari 100 hingga 350 ribuan. Harga tersebut adalah harga untuk burung cito yang telah melalui proses pemeliharaan. Namun jika anda ingin mendapatkan harga burung cito lebih murah, maka anda bisa membelinya yang baru saja ditangkap dari hutan. Biasanya dibandrol dengan harga 50 hingga 100 ribuan.

Harga tersebut menjadi harga umum yang biasanya ditemukan. Namun anda juga bisa mendapatkan harga yang lebih mahal jika burung cito mempunyai keunggulan. Semakin mempunyai suara yang merdu maka semakin tinggi pula harga jual burung tersebut. Selain itu harga burung juga ditentukan dari asal burung tersebut. Setiap wilayah mempunyai harganya masing – masing untuk seekor burung.

Itulah beberapa hal mengenai burung cito. Biasanya burung cito ini lebih dikenal dengan sebutan burung cipoh. Jadi anda tidak perlu bingung ketika bentuk dari burung cito dan cipoh sama. Pada dasarnya kedua burung ini sama hanya namanya saja yang berbeda. Untuk mempunyai burung cito dengan suara yang indah, anda bisa mendapatkannya secara bertahap. Suara akan lebih merdu jika selalu dilatih dengan benar. Pilihlah burung cito dengan suara yang terbaik ketika membelinya.