Progam unggulan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno, yakni progam OK OCE, bertujuan untuk mengurangi pengangguran di ibu kota, sembari meningkatkan ekonomi warga. Kemudian Sandiaga Uno mendirin kantor di Jl. Melawai Raya 16, lantai 2, Jakarta Selatan. Progam ini merupakan salah satu gerakan pencipta lapangan kerja untuk masyarakat.

Syarat ikutĀ  progam OK OCE ini adalah Anda harus merupakan warga negara Indonesia. Apabila Anda berdomisili di jakarta Anda dapat langsung mendaftar di kantor OK OCE. Apabila Anda berdomisili di luar Jakarta Anda dapat mengisi formulir keanggotaan di website okoce.net.Anda juga dapat membuat akun Anda di www.okoce.me.

Setelah Anda resmi menjadi anggota progam kegiatan ini, Anda akan diberikan langkah-langkah 7 PAS (Pasti Akan Sukses) oleh pihak progam kegiatan tersebut. Langkah-langkah tersebut berisi tentang:

  • P1: Pendaftaran

Pendaftaran dilakukan dengan cara membuat akun di www.okoce.me dan memiliki 3 opsi. Opsi tersebut ialah ingin bekerja, ingin memulai usaha, dan ingin meningkatkan usaha. Kemudian Anda akan di berikan kartu 7PAS. Langkah ini sudah Anda lakukan di awal.

  • P2:Pelatihan

Disini Anda akan mendapatkan beberapa pelatihan, baik soft skill maupun hard skill. Pelatihan tersebut seperti pelatihan mental dan pola pikir wirausaha. Kemudian pelatihan menghitung HPP dan marketing. Selain itu juga terdapat pelatihan manajemen usaha dan keterampilan.

Pelatihan ini dilaksanakan oleh SKPD/ UKPD terkait di Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta. Selain itu juga oleh komunitas penggerak secara swadaya di kantor kecamatan dan lokasi lain. Pelatihan ini disesuaikan dengan tingkatan usaha Anda seperti Usaha mikro menuju usaha kecil: membuat merk dan logo, kartu nama dan brosur, dan strategi penjualan.

Kemudian usaha kecil menuju usaha menengah: membuat strategi operasional, rencana bisnis, dan strategi pemasaran. Lalu usaha menengan menuju usaha besar: strategi pengembangan usaha mendapatkan permodalan dan ekspor.

  • P3: Pendampingan

Disini, Anda dapat mengikuti progam pendampingan yang disediakan di 44 kecamatan dan coaching clinic. Kartu nama dan brosur Anda akan dimasukkan ke dalam katalog kecamatan dan komunitas penggerak. Kemudian komunitas penggerak akan membantu memasarkan produk Anda.

Disini pendamping akan memastikan Anda telah memiliki ide usaha seperti merk, kemasan, sarana promosi. Selain itu, pendamping juga akan memastika Anda mengetahui HPP dan harga jual serta bagaimana Anda merencanakan pemasaran produk Anda.

  • P4: Perizininan

OK OCE akan membantu memfasilitasi perizinan dan legalitas Anda. Kemudian di arahkan ke progam perijinandan legalitas yang gratis sesuai dengan kuota yang ada. Perizinan yang diberikan berupa IUMK, izin edar, label halal, dan lainnya. Perizinan tersebut nantinya menjadi persyaratan untuk mendapatkan akses permodalan.

  • P5:Pemasaran

Produk atau jasa Anda akan dibantu pemasarannya oleh pemerintah atau penggerak melalui online, distribusi, bazar, konsep wiralaba dan ekspor produk.

  • P6: Pelaporan keuangan

Anda akan dilatih menghitung omset, laba rugi dan mempersipakan standar laporan keungan. Standar laporan keuangan nantinya akan dipakai sebagai pelengkap syarat pengajuan permodalan ke bank.

  • P7: Permodalan

Laporan keuangan yang Anda nantinya dapat dipakai untuk mengajukan pinjaman sesuai kebutuhan permodalan .Kebutuhan permodalan tersebut berdasarkan skema OK OCE dengan pihak bank yang sudah bekerjasama dengan OK OCE.

Dalam progam ini, pemerintah tidak secara langsung memberikan modal kepada Anda sebagai pelaku usaha. Namun, pemerintah hanya memfasilitasi dan memberikan kemudahan bagi Anda untuk mengajukan pinjaman modal untuk usaha Anda. Pinjaman ini bersifat tanpa jaminan bagi pebisnis pemula. Adapun proses pengajuan pinjaman modal dalam progam ini yaitu:

  • Mendaftarkan diri atau badan usaha pada progam kegiatan ini

Sebelum mengajukan pinjaman modal usaha, Anda harus sudah terdaftar menjadi anggota kegiatan ini.

  • Mengikuti kegiatan pelatihan kewirausahaan

Melalui progam ini, pemerintahan akan melaksanakan pelatihan kewirausahaan yang wajib diikuti oleh seluruh anggota. Dalam kegiatan ini Anda akan mendaptkan berbagai pelatihan kewirausahaan sebagai bekal ketika merintis bisnis atau usaha Anda mendatang.

Di wilayah DKI Jakarta sendiri, syarat untuk ikut progam OK OCE adalah Anda harus memiliki KTP DKI. Namun, jika Anda merupakan pendatang baru, Anda juga dapat mendaftar di wilayah DKI. Caranya Anda dapat meminjam KTP saudara Anda yang memiliki KTP DKI. Meskipun saudara Anda telah terdaftar menjadi anggota, Anda tetap bisa menggunakan KTP tersebut.

Sandiaga Uno menghimbau agar para pendatang baru nanti dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu pada RT/RW tempat mereka berdomisili. Hal itu dilakukan agar semua data Anda bisa terdaftar di Dukcapil. Kebijakan ini dikeluarkan karena pendatang baru dapat menambah angka pengangguran di ibu kota. Selain itu juga dapat menjadi kemiskinan baru di Jakarta.

Sedangkan Pemprov DKI Jakarta sendiri ingin mengurangi presentasi kemiskinan di Jakarta yang tadinya 3,78% menjadi 2,78% dalam beberapa tahun kedepan.